Diposkan pada TRAVELING

Naval Base 2017 VS Sun Screen

dsc_07391.jpg

Halo Surabaya……

Hari ini pada 17 Desember 2017 ada acara seru yang cuma diadakan setaun sekali di Surabaya, namanya “NAVAL BASE”, yaitu semacam open house di Kawasan Markas Komando Armada Timur (ARMARITIM), dan Alhamdulillah tadi ada kesempatan ditenggah kesempitan bisa menyempatkan dateng ke acara itu.

Jadi, ceritanya tahun 2017 ini semacam tahunnya Shofi banget, dari ngerjain skripsi, wisudah tepat waktu, boyongan dari kos, mondar-mandir nyari kerja (dan semoga sekalian dapat kerjanya juga. Amin), liat konser Payung Teduh sampe 2x, liat acaranya HUT Surabaya sampe liat Naval Base juga di tahun ini. trus apa hubunganya dengan Naval Base ? gada siii..cuma curhat hahaha.

Ok, hari ini setelah beberapa minggu aku boyongan dari kos dan pulang ke habitat asli di Lamongan, aku main lagi ke Surabaya gara-gara ada panggilan kerja 2 sekaligus di waktu yang mepet, yaitu di Transmart sama Coca-Cola Amatil, truss..karena aku gagal, jadi ngambek dong makanya mau nyari hiburan, akhirnya ada temenku yang bisa dirayu buat diajakin ke acara ini asal dibayarin makan.

Sedikit pandangan tentang Naval Base, acara ini tuh acara tahunan dan digelar sekali dalam setahun, di waktuin pake jam juga acaranya. jadi saat acara itu Kawasan Markas Komando Armada Timur (KOARMATIM) yang ada di daerah Perak-Surabaya, di buka dan boleh dikunjungi oleh umum sekitar jam 6 pagi sampe jam 11 siang, kalian bisa masuk ke kapal-kapal, monumen Jalasveva Jayamahe dan beberapa tempat lainnya. Disini juga bakal banyak acaranya, kaya fun running, fun bike, atraksi terjun payung, atraksi mas-mas angkatan laut yang lagi baris lurus, nyanyi, lari-larian, orkesan dan ada bazarnya juga, gak cuma bazar makanan saja, tapi disini juga ada beberapa pameran instansi-instansi yang berkaitan dengan militer. Kaya rumah sakit Hang Tuah, TNI AL, pasukan katak dan sebagainya (yahh pokoknya itulah, aku gafaham).

Wilayah Koarmatim tu gaboleh dimasukin orang sembarangan di hari-hari biasanya, karena tempat ini dijaga ketat banget dan harus izin dulu kalau kalian mau masuk. tapi ga menutup kemungkinan kalian bisa datengin kok. Yaitu kalau kalian study tour kesini dengan artian kalian harus izin dulu atau kalian kesini pas acara Naval Base pastinya.

Awal rencana mau dateng ke acara ini tuh sekitar pukul 5 pagi karena jam 6 katanya udah dibuka, eh trus temenku ngajakin berangkat jam 6, tapi karena aku bangunnya kepagian akhirnya tidur lagi sampe bangun kesiangan wkwk tapi udah sholat shubuh kok. Sekitar jam 7 pagi baru melek lagi, ngecek hp liat Instagram ternyata di akun @aslisuroboyo admin nya udah live streaming di Naval Base, pas itu masi sepi banget sii. dan jeng-jeng !! aku nyampe di acara itu kira-kira pukul 8 lebih seper-empat. lumayan udah rame, tapi panasssssssssssssss gilaaaaaaaaa, baru nyampe aja udah keringet kemana-mana, kayanya dempul aku juga agak luntur, Yha..namanya juga di pinggir laut pasti panas banget.

Nah awal masuk areanya, kita nyari parkir dan udah macet dari pintu masuk soalnya banyak banget pengunjungnya. trus abis dapet parkir kita jalan kaki sekitar sekiloan dari monumen Jalasveva Jayamahe. Sepanjang perjalanan kita disuguhi sama kapal-kapal kecil sampe yang gede bersandar di tepi laut. Pertama sii mulai dari kapal-kapal kecil kaya gini…

DSC_0758

trus jalan lagi nyampe di bazar-bazar makanan, dari makanan yang dijual di toko-toko sampe makanan tradisional khas Surabaya juga ada, kaya semanggi, pecel dan lain sebagainya.

DSC_0754

Foto pas di bazar ini sebenernya diambil pas mau pulang soalnya ga kepikiran bakal mau nulis, trus aku gabawa kamera jadi foto random seadanya. mungkin ini buat peringatan sii biar klo kemana-mana bakal bawa kamera karena kamera hp udah minta di cium sajah.

Trus..setelah kita jalan menyusuri stand-stand makanan kita mampir ke pameran instansi-instansi, sebenernya pas itu ada atraksi terjun payung tapi *hiks* gak kefoto

DSC_0746

Di dalem stand instansi itu bakal ada banyak barang buat dipamerin, kaya tembak, peluru, rudal sampai mas-mas maskot instansinya yang kayaknya paling ganteng gitu di instansinya, jadi banyak cewe-cewe sampe emak-emak ngerubugin dia minta poto-poto sampai antri juga loo, kasian juga siii mas nya capek kali ya senyum terus selama berjam-jam *sini mas aku elapin keringetnya. bahkan ga sengaja denger emak-emak bilang “ayo foto, tapi ndolek seng nganteng ngunu loo”, artinya “ayo foto, tapi nyari yang ganteng gitulo”.

DSC_0748
ini mas-mas cogan lagi bersorak ria nyanyiin jargon atau apalah itu aku gafaham
DSC_0747
trus ini mereka pas lagi jumpa fans

nah…udah puas liatin stand-stand dan searching calon imam, aku lanjutin naik satu kapal yang agak gedean, gatau namanya apa, Dewaruci kali ya ? aku gafaham soalnya antri banget jadi gasempet liat nama-nama kapalnya *gw emang bego emang bego emang.

DSC_0701
ini salah satu spot yang ada dikapalnya (yang aku kira namanya Dewaruci, tapi aku gatau sebenernya namanya apa haha) tapi difoto ini malah ga ngelihatin kalo ini lagi di kapal

Abis itu lanjut lagi nih jalan ke monumen Jalasveva Jayamahe yang biasa disebut Monjaya *cmwiw, jadi nama itu berasal dari bahasa sansekerta yang artinya “di laut kita berjaya”. dan inilah penampakannya

DSC_0738
patung itu tuh yang namanya Monjaya, yang dulu pernah aku kirain patung orang lagi golf ehehe

Di dalem Monjaya tuh kaya semacam galery. Ada foto-foto, miniatur kapal dari plastik, dari kayu sampai ada miniatur kapal selam yang kaya di Monkasel, tapi maapin aku ga foto banyak-banyak soalnya gada kamera, ini hp nya orang dibuat foto-foto bersama haha. Di dalem sana juga kalian bisa naik sampai ke lantai empat *kalo gasalah trus keluar ke semacam balkon tapi jangan loncat yaaa, matik entar wkwkw. Tapi aku gabisa sampe balkon soalnya antri banget. Selain itu di lantai paling dasar ada semacam ruangan buat muter film juga.

DSC_0720
ini beberapa foto koleksi yang dipajang di Monjaya

Abis sumpek-sumpekan di Monjaya kita lanjut jalan lagi, rencananya mau ke kapal Bima Suci, etapi rame banget antriannya sekitar 3 meteran gitu sampai dibarisin sama petugasnya, akhirnya kita males dan memutuskan untuk balik. tapi sebelumnya kita foto-foto di antara Monjaya dan kapal Bima Suci

DSC_0740
maafin foto gw random bgt kek anak alay dan norak

Fyi nih, kapal Bima Suci ini kapalnya gede kaya tokoh mahabarata kan Bima itu gede ya, temen ku juga yang namanya Bima juga gede jadi nama Bima itu identik gede, semacam Giant di doraemon itu gede, supermarket Giant juga gede, Giant sendiri juga artinya gede gitu looo wkwkw. Nah, kapal ini tu penggantinya Dewaruci karena si Dewaruci udah pensiun gitu *Cmwiw. tapi sayang banget ga masuk soalnya antri coyyy…mana panas lagi.

Jadi nih yaa..alasan kenapa fotoku semua aku tutupin separuh muka bukan karena film Ayat-ayat Cinta mau tayang, tapi ini tuh panas banget sumpah, kayanya sun screen yang aku pake juga ga mempan, lotion apalagi, dan bener. Pulang-pulang langsung kulit belang, bruntusan juga wkwkw. Tapi wort it sii liatnya.

Ini penampakan Saya

DSC_0737
Saya Aisha istrinya mas Fachri tapi versi bengkak, pendek, buluk dan idung ngembang

Setelah puas foto kanan-kiri Kita pulang, soalnya uda ga kuat panasnya dan temenku mau interview kerja juga. okedeh kita pulang

DSC_0751
itu ijo-ijo uda pulau Madura loo. deket yaa..ga kaya kamu yang semakin hari semakin menjauh
DSC_0750
disini kita bisa liatin orang pacaran juga, eh kendaraan militer maksudnya hehe

Penulis:

Calon S.Psi dan istri sholehah --------------------- kamu bisa membaca semua artikel yang saya buat, dan mari bersilaturahmi dengan melayangkan komentar kamu di post-post saya, enjoy !

Tinggalkan komentar