Wisata Kuliner di LAMONGAN

indomie

“Kuliner”, salah satu hal yang wajib ada di list ketika kamu jalan-jalan ke suatu tempat, well, sebenernya aku pernah nulis di Hipwee.com tentang Lamongan kalian bisa baca disini, dan salah satunya ada point yang menjelaskan tentang wisata kuliner, tapi karena saat itu aku cuma ngasih satu referensi saja, jadinya pada artikel ini, aku akan membahas beberapa makanan khas Lamongan yang saya ketahui dan recomendasi dari teman-teman..

1. Wajib dan sudah terkenal banget, apalagi kalau nggak “Soto Lamongan”

soto
hujan-hujan makan ini, sumpeh….ajib dah

siapa yang nggak kenal sama makanan satu ini ? yang sekarang ada versi Mie Instant nya juga, yang kalau kemana-mana pasti banyak yang jualan, bahkan sampai di luar daerahnya juga banyak warung yang nyediain ini, Yup !!! Soto Lamongan, Kuah kuning nan segar mengelelegar ditambah koya yang gurih beserta perasan jeruk nipis dengan irisan ayam, Asli….bakalan bikin kamu ketagihan untuk mencoba kembali kuliner yang satu ini. Kalau ke Lamongan nggak sah kalau nggak makan makanan ini, nyarinya juga nggak susah, dikit-dikit pasti ada yang jualan kok. Coba Deh !!!

2.”Tahu Campur”, makanan komplit dari karbohidrat, Vitamin, Protein sampai Mineral

campur
TAHU CAMPUR

makanan ini juga wajib di cicipi saat kamu mengunjungi kota Lamongan, Tahu Campur namanya, karena di dalam masakan ini terdapat tahu yang diris-iris yang pastinya tahu tersebut menjadi ciri khas dari kudapan tersebut, selain tahu, terdapat juga selada, mie, petis, kuah, kikil, perkedel, lontong (ini sunnah) dan bumbu-bumbu lainnya, kurang apa coba’ ? tinggal minum susu saja deh, nanti sudah menjadi 4 sehat 5 sempurna.

3.Kuliner jalanan yang rasanya cetar “Sego Boran”

boran
menikmati kuliner ini sambil memandangi langit Lamongan

sudah saya ulas di Hipwee.com kan ? bahwa makanan ini hanya di jual di trotoar-trotoar di sepanjang jalan di kota Lamongan, jadi makanan ini hanya ada di waktu sarapan pagi dan makan malam, karena pada waktu dan tempat yang unik inilah yang membuat sego boran semakin mampesona, yakali…memandangi semburat oranye dari matahari yang sedang mengintip ataupun mengelayut di langit kota sambil menyantap makanan yang lezat dengan harga yang terjangkau, pastilah secuil surga dunia yang kalian rasakan, apalagi sedang makan bareng dengan orang tersayang atau teman-teman, huhuhu…..

4. Warungnya menjamur dimana-mana, tapi masakan orang Lamongan paling “BADAI”

lele
PECEL LELE

hehe, gini ceritanya (mau cerita dulu nih) awalnya aku nggak ngerti kalau makanan ini ternyata khas Lamongan, dan sampai akhirnya saat aku di Pare, Tutor ku suka ngejekin “ooo….kebanyakan makan pecel lele anak ini” soalnya beliau tau kalau aku dari Lamongan dan karena aku sering bikin onar di tempat kursusan, hehe 😀 (Mr.Fendy, I Miss You dahhh…) dan saat pulang aku nyeritain ini ke ibuk, eh..ternyata beneran, makanan ini terkenal dari Lamongan berkat para penjual Pecel Lele yang katanya “warung pecel lele yang dari Lamongan pasti enak dan rame” ahaha.. jadi bangga deh sama orang-orang yang jualan.

5.dari Semarang atau dari Lamongan, pokoknya namanya “Wingko Babat”

wingko
Wingko Babat

makanan ini memang tenar banget kalau di Semarang, tapi sebenernya asal muasal makanan ini adalah dari kecamatan Babat-Kabupaten Lamongan, nah…tapi karena pedagang pertamanya menjual makanan ini di Semarang, jadilah Wingko Babat populer di kota yang mempunyai Lawang Sewu tersebut. saat ini wingko banyak macam rasanya (tapi kalau nggak salah cuma di Semarang sih, soalnya di Lamongan masih jarang) ada rasa coklat, durian dan lain lain.

makanan yang terbuat dari kelapa dan ketan ini wajib kamu beli untuk menjadi buah tangan untuk orang-orang tersayangmu di rumah.

6.nggak tau kenapa ini aku masukan di list, tapi karena ini rekomendasi dari orang banyak, oke lahhh “SEGO GUNUNG”

pegat
mana kulinernya ?

haha, jadi dimana kulinernya ? haha, mungkin kalian bertanya-tanya, sama nding 😀

jadi, beberapa temanku merekomendasikan salah satu tempat makan yang asyik, yah disini ini…katanya ada salah satu warung yang menyediakan makanan biasa saja gitu (nasi bungkus)..tapi karena warung ini tempatnya “nyempil” dan hanya satu-satunya yang ada di tengah bukit kapur  serta tempatnya “nyerempet” di jurang, jadinya ada sensasi tersendiri jika menyantap makanan disini, selain itu pemandangan bukit-bukit kapur yang menjulang epic pastilah menambah lezatnya makanan, yang awalnya makanan biasa menjadi luar biasa jika di santap dengan melihat ke-gantengan pemandangan.hehe

jadi….persiapkan perutmu untuk menyantap makanan khas Lamongan jika kamu mengunjungi kota indah yang satu ini yah !!!

Enjoy Lamongan

(terimakasih atas foto-fotonya, maaf kalau saya nyomot se-enaknya) kalaupun jika ada makanan khas yang belum saya ulas di artikel ini, mohon pencerahannya di kolom komentar 🙂

Iklan

2 pemikiran pada “Wisata Kuliner di LAMONGAN

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s