hal-hal yang bisa kamu lakukan saat berada di kota LAMONGAN

la

emmm….oke, sebenarnya ini adalah postingan yang pernah aku buat sekitar dua bulan yang lalu, yang rencananya akan aku kirimkan ke redaksi Hipwee.com, tapi sepertinya mereka mulai lelah untuk mempublikasikan karangan-karanganku lagi, (yah…..Hipwee ๐Ÿ˜ฆ ) so i think, kalau tidak bisa di publish di Hipwee, setidaknya bisa di publish di Blog kan ? iya kan ? bener kan? ,so..check this out

Jika kalian berkunjung ke kota Surabaya, sempatkanlah kalian mampir di kota lamongan, tepatnya di sebelah barat kota Surabaya dengan menempuh perjalanan kurang lebih 2-3 jam dari kota Surabaya. Memang Lamongan tidak begitu terkenal seperti kota-kota pariwisata lainnya, tapi tenang saja…Lamongan tidak kalah kok jika berurusan dengan tempat wisatanya

Lalu…apa sih yang menarik dari kota Lamongan ?, trus…apa saja yang bisa kita lakukan saat kita berada di kota Lamongan ?, janggan khawatir dan bimbang, kota lamongan bukan hanya menyediakan soto Lamongan saja kok, di Lamongan kalian bisa berwisata kuliner, wahana sampai wisata religi. Dan di artikel kita akan membahas semuanya, check this out !!!

  1. Bukan hanya soto Lamongan yang bisa kamu cicipi saat di Lamongan, di sini masih banyak makanan khas yang bisa membuatmu ketagihan saat berwisata kuliner disini
boran
Sego boran khas lamongan (dokumen pribadi)

Saat kalian berkunjung ke suatu tempat, pastikan kalian juga berwisata kuliner khas tempat tersebut, hal itu juga berlaku saat kalian berkunjung ke Lamongan. Kalian bisa berwisata kuliner yang menjadi icon kota lamongan seperti soto Lamongan yang sekarang bisa kalian nikmati dalam bentuk mie instant. tapi jangan khawatir jika kalian bosan dengan soto, karena kalian bisa nikmati kuliner khas yang lain seperti sego boran, tahu campur, wingko babat dll.

Untuk menikmati sego boran, kalian bisa jalan-jalan di waktu pagi atau sore hari di jalan-jalan kota Lamongan , karena kuliner ini hanya bisa di jumpai pada waktu-waktu tersebut saja, selain itu ada yang menarik dari penjual-penjual sego boran tersebut, yaitu mereka menjualnya di atas trotoar-trotoar di sepanjang jalan Lamongan dengan cara duduk dan menggelar tikar , mereka senggaja tidak menjualnya di warung-warung karena cara menjual ini seperti sudah turun-temurun dari nenek moyang.

Nah…gimana ? mau mencoba sego boran, nasi putih dengan siraman bumbu yang khas sembari menikmati indahnya langit kota Lamongan.

  1. Jika di Jakarta ada Ancol, di Lamongan kalian bisa menemukan Wisata Bahari Lamongan (WBL) yang memiliki pantai tanjung kodok
boran
Wisata bahari lamongan (WBL) via wisatabaharilamongan.com

Seperti di Jakarta yang mempunyai Ancol, di Lamongan juga mempunyai wisata wahana bermain dan memiliki pantai yang indah yaitu WBL (wisata bahari lamongan)

WBL ini terletak di pesisir utara Pantai Jawa, tepatnya di kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Wisata Bahari Lamongan (WBL) menawarkan oase tersendiri bagi wisatawan. Berdiri sejak tahun 2004 sebagai hasil pengembangan objek wisata yang telah ada sebelumnya, yaitu Pantai Tanjung Kodok.

Memadukan konsep wisata bahari dan dunia wisata dalam areal seluas 11 hektare, WBL siap memanjakan pengunjung dengan konsep one stop service mulai jam 08.30-16.30 WIB setiap harinya. Wahana wisata ini juga didukung dengan hadirnya 3 wahana baru setiap tahunnya.

Nah….setelah kalian kelelahan karena sudah menikmati puluhan wahana bermain yang disediakan WBL, kalian bisa bersantai sejenak merasakan hempasan angin laut sembari melihat indahnya batu karang yang berbentuk kodok di pantai Tanjung Kodok

boran
watu kodok di pantai Tanjung Kodok, via yonaoctiani.wordpress.com

           

  1. kebun binatang saja sih biasa, di Lamongan kalian juga bisa jalan-jalan di kebun binatang yang ada Goa nya
pintu masuk mazola (dokumen pribadi)
pintu masuk mazola (dokumen pribadi)

tidak jauh dari WBL tepatnya di depan WBL, kalian bisa mengunjungi MAZOLA (Maharani Zoo and Goa Lamongan) yaitu wisata kebun binatang yang juga mempunyai goa yang indah didalamnya yaitu Goa Maharani.

Dikawasan yang memiliki luas 3 hektar ini, kalian bisa berkeliling melihat puluhan aneka satwa hidup yang didatangkan langsung dari habitatnya, ada yang lokal maupun satwa yang berasal dari mancanegara, selain satwa yang masih hidup kalian juga bisa melihat satwa-satwa yang sudah diawetkan yang di tempatkan pada sebuah ruangan galery.

Setelah berkeliling melihat-lihat aneka satwa, kalian bisa masuk ke dalam goa yang sangat epic, yah…goa Maharani namanya, saat berada di dalam goa, kalian akan disuguhkan keindahan stalagtit dan stalagmit yang masih hidup dengan ditandai guyuran air yang menetes dari ujung-ujung batu tersebut. Kalian juga tidak perlu pusing-pusing dengan kegelapan yang ada di gua, karena sekarang gua tersebut telah difasilitasi oleh lampu warna warni yang menerangi gua serta pagar-pagar yang bisa membantu kalian untuk menyusuri gua ini, dan jangan lupa mampir ke galery batu disamping gua untuk melihat jenis-jenis batu yang ada di dunia.

Keindahan batu stalagtit dan stalagmit di gua Maharani (dokumen pribadi)
Keindahan batu stalagtit dan stalagmit di gua Maharani (dokumen pribadi
  1. Tidak hanya wisata permainan yang ada, di Lamongan kalian akan mendapatkan paket wisata komplit, yaitu wisata Religi
wisata religi sunan Drajat (dokumen pribadi)
wisata religi sunan Drajat (dokumen pribadi)

Setelah kita bersenang-senang menikmati wisata-wisata yang membuat otak kita segar kembali saat menikmati libutan, ada baiknya kita berwisata religi sambil mengingat jasa-jasa pahlawan Islam yang ada di Lamongan

Yaitu makam sunan Drajat yang tidak jauh dari WBL dan Mazola, hanya berkisar lima menit perjalanan untuk sampai di wisata religi tersebut.

Sunan Drajat sendiri adalah salah satu dari wali sangga (sembilan) yaitu pemuka agama islam yang berhasil mengislamkan masyarakat yang ada dipulau jawa.

Di kawasan wisata religi ini banyak sekali para peziarah yang datang untuk berdoโ€™a, bahkan kawasan wisata religi ini tidak pernah sepi pengunjung walaupun saat tengah malam sekalipun.

Selain makam-makam, terdapat pula musium sunan drajat yang memperlihatkan benda-benda bersejarah, sumur tua yang dibangun oleh sunan drajad sampai pasar yang berjejer di lorong jalan menuju makam, di pasar ini kalian bisa membeli barang-barang sampai makanan khas yang bisa menjadi buah tangan untuk keluarga di rumah

  1. Kalau sudah menikmati daerah utara-nya Lamongan, kalian bisa mlipir ke kecamatan Babat untuk melihat proses pembuatan Wingko Babat
boran
Home industri pembuatan wingko Babat, via dakocanpunya.blogspot.com

Siapa yang tak kenal wingko babat, makanan tradisional Indonesia ini sangat terkenal dan enak. Makanan lezat yang terbuat dari kelapa dan bahan-bahan lainnya ini memang sangat terkenal di kota Semarang, tapi siapa sangka kalau wingko Babat ini berasal dari kecamatan Babat kota Lamongan lho..

Jadi..jika kalian berkunjung ke Lamongan, sempatkanlah kalian mampir di daerah Babat, karena disini kalian bisa belajar langsung dari home industri yang membuat wingko langsung di tempatnya dan siapa tau kalian bisa mempraktekkannya di rumah. Ada banyak home industry wingko yang ada di kota Babat, dengan merk yang berbeda mereka menawarkan produk wingko unggulan mereka.

Tapi jika kalian tidak ada waktu untuk berkunjung ke kawasan babat, kalian juga bisa membeli oleh-oleh wingko babat yang di sediakan para penjual yang banyak sekali di kota lamongan maupun di babat sendiri, dengan harga yang terjangakau kalian bisa menikmati wingko yang lezat atau bisa kalian jadikan buah tangan orang tercinta kalian dirumah.

Jadi, para pembaca, setelah membaca artikel tentang ulasan kota Lamongan, apakah kalian sudah membuat list untuk menjadikan Lamongan sebagai kota destinasi liburan anda tahun ini ? Selamat berkunjung ๐Ÿ˜€

*ternyata artikel ini sudah di terbitkan di Hipwee.com, jika kalian ingin melihatnya check disini

Iklan

8 pemikiran pada “hal-hal yang bisa kamu lakukan saat berada di kota LAMONGAN

    1. iya kayaknya kak, Hipwee cuma buat kota yang udah terkenal, tp gak papa lah, setidaknya berusaha mengenalkan Lamongan,hehe
      semangattt !!!
      btw, makasih udah mau share2 artikel ini ๐Ÿ˜€

      Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s