pintu masuk mazola (dokumen pribadi)

ini adalah kunjungan ke dua saya ke mazola (maharani zoo and goa Lamongan) setelah sebelumnya saya pernah menyambangi mazola bersama kakak saya dan temannya yaitu mas Gallant pada seminggu setelah idul adha kemarin,nah…kalau kalian ingin tau cerita kami bisa dilihat di blog-nya mas gallant disini ,meninggalkan cerita bertiga kami, kita lanjut pada perjalanan kedua saya pada tanggal 3 januari 2015 kemarin, bertepatan pada hari sabtu dan masih dimasa-masa liburan, kami berangkat dari rumah bu-dhe kami, awalnya kami hanya berencana bertujuh dengan plus adek sepupuku namanya NIA, tapi saat akan berangkat ke tujuan, salah satu budhe kami dengan cucu nya mau ikut, alhasil kami berangkat dengan beranggotakan sembilan orang

tujuan pertama kami adalah makam religi Sunan Drajat, yaitu salah satu dari wali songgo ( sembilan ) yang menjadi ulama / pemuka agama islam yang mana mereka juga bertugas untuk mengislamisasikan masyarakat di pulau jawa

pintu masuk kompleks makam sunan Drajat

tidak banyak yang bisa kami lakukan saat berada di komplek makam sunan drajad selain berdo’a, setelah berdo’a perjalanan kami lanjutkan untuk menyusuri komplek sana, pertama kami menemui seorang penjaga sumur peninggalan sunan drajat dan tak lupa aku dan keluarga minum dari air sumur tersebut, kemudian aku melihat ada musium di dekat makam, tapi karena aku mulai lelah, yah….bisa dipastikan aku tidak akan ikut memasuki musium, jadi aku melanjutkan langkahku untuk ke tempat berikutnya yaitu pasar di kompleks makam sunan drajat tersebut, nah… untuk kalian nih para pembaca yang mau menggunjungi sunan Drajad, saat disana kalian bisa membeli bermacam-macam oleh-oleh khas lamongan, dari kaos, baju , aneka pernak -pernik sampai makanan khas Lamongan juga bisa dijumpai di pasar tersebut, jadi..kalian bisa membeli oleh-oleh untuk orang tersayang di rumah kan ? , tapi saat itu aku tidak beli apa-apa karena uang sedang menipis ( sebenernya buat ditabung untuk beli sepatu sneakers, hehehe 😀 ) tapi tak apa-apa lah, kapan-kapan pasti bisa kesini untuk membeli oleh-oleh khas Drajat, oh ya…ada sedikit pemandangan yang miris saat memasuki kompleks ini, yaitu banyak sampah berserakan padahal sudah di sediakan tempat sampah disana tapi tetap saja banyak pengunjung yang membuang sampah sembarangan, fiuhhhhh…. 😦

ini kompleks makam-nya (sebenarnya ada larangan buat foto-foto sih)
musium
pasar di kawasan sunan drajat

perjalanan kami lanjutkan untuk menggunjungi tujuan wisata selanjutnya, yaitu Mazola, pertama kali mobil kami berada di jalan utama menuju kompleks WBL dan MAZOLA, kami terutama aku dan kakak ku terkejut, karena terakhir kami kesini bersama mas Gallant keadaannya berubah 360 derajat, bagaimana kami tidak terkejut, kemarin jalanan menuju kesana sanggat lenggang bahkan terkesan sepi, dan itu berbeda sangat saat kemarin aku sekeluarga menggunjungi mazola jalanan sampai macet, bahkan mobil kami tidak mendapat tempat untuk parkir, jadinya kami harus memarkir mobil kami sekitar 500 meter dari Mazola dan itupun dengan tarif yang lumayan yaitu Rp 20.000 per mobil padahal fasilitas parkiran juga tidak memadai, yaitu di area persawahan yang dalam kondisi becek dan berlumpur, yah..maklumlah kami kesana saat musim liburan, jadinya banyak risiko yang kami hadapi 😦

pintu masuk menuju MAZOLA

setelah ber capek-capek ria kami mencari tempat parkir, kami mengisi perut dulu di warung sekitar Mazola, setelah perut terisi penuh dan kami siap untuk melanjutkan traveling kita dan menjajah seisi Mazola, jadi kami memesan tiket untuk memasuki area kebun binatan Lamongan itu, eh…btw kita semua di boss-in kakak ku lho, ciyeeee…. moga rezekinya tambah lancar yah 😀 ,tiket masuk Mazola untuk hari libur dan musim liburan yaitu Rp.50.000 sedangkan kalau hari biasa yaitu Rp.35.000 tapi jika tiket terusan Mazola + WBL yaitu Rp 100.000. saat itu kami hanya mengambil Mazola saja, jadi total untuk 9 orang yaitu Rp 450.000.

full banget kan ?

sebelum kita masuk ke wahana, kami sholat dahulu karena saat itu sudah memasuki waktu sholat Dzuhur, nah…setelah sholat Dzuhur waktunya kami menjelajahi Mazola, menurutku ada beberapa nilai plus yang di punyai Mazola, selain mempunyai Goa yang eksotis, mazola juga bisa dibilang sangat bersih nah…bisa menambah kenyamanan kan

saat pertama kali kami masuk MAZOLA dengan wajah keheranan karena melihat Mazola yang full house, kami disuguhkan oleh suara “selamat sore” dari seekor burung kakak tua yang lucu, kami semua termasuk penggunjung lain bersorak gembira saat menyaksikan pertunjukkan kecil tersebut, langkah kami lanjutkan sambil melihat beberapa satwa di kanan-kiri jalan kami, tapi sayang ada kandang kuda nil yang diperbaiki, jadinya..kita tidak bisa melihatnya deh 😦 ,

Galerry satwa

perjalanan kami lanjutkan ke galerry satwa, disini kami menemukan banyak replika satwa, dari hewan-hewan lokal sampai mancanegara, bahkan ada juga dinosaurus disana,hwaaaawaaaa langkah kaki kami lanjutkan mengelilingi kawasan tersebut, tetapi bu-dhe dan nenekku tidak ikut (maklumlahh..hehe 🙂 ) jadi aku,kakak,adek dan kedua orangtuaku + sepupuku yang melanjutkan perjalanan,saat diperjalanan, aku dan krucil-krucil ku 😀 menyempatkan untuk berfoto di samping burung elang dengan narsisnya, setelah itu kami terus berjalan menyusuri kandang singa putih sampai ke gua maharani, memang sih..sebelum akhirnya dibangun sebuah kebun binatang, tempat ini sebenarnya hanya gua saja yang menjadi icon tempat ini, nah…lima tahun yang lalu dibuatlah nama MAZOLA yang berisikan gua dan kebun binatang

nah saat memasuki gua maharani, ibuku sempat terkejut karena tempat ini sudah jauh berbeda dengan saat trakhir beliau kesana, memang sudah banyak perombakan yang menunjang goa ini,karena sekarang sudang dipasang lampu-lampu untuk memudahkan pengelihatan pengunjung serta pagar-pagar yang dipasang di kanan kiri jalan untuk memudahkan menuju rute di dalam gua. disamping gua juga terdapat galery batu, disini para pengunjung bisa belajar banyak tentang macam-macam batu dari berbagai daerah, yups…kita sangat menikmati warna-warni batu disana, setelah menikmati puluhan batu yang dipajang, kami memutuskan untuk berlanjut ke satwa-satwa lagi, tapi saat itu ibuk sudah mulai lelah padahal adek serta sepupuku masih ingin melihat hewan-hewan lain, akhirnya akulah yang jadi guide mereka, yahhhhh 😦

(kameranya jelek) saat di dalam goa Maharani
di dalam Gems Stone Galery

setelah memuaskan 3 krucil-krucil ku dengan melihat jerapah, kami memutuskan untuk mengakhiri perjalanan kami dan bertemu dengan sang nenek serta bu-dhe, tetapi si tiga anak kecil masih rewel, mereka masih ingin ke tempat burung, akhirnya aku mengajak mereka ke kandang burung, entahlah burung apa namanya tapi warnanya orens-orens lucu gitu :* , saat itu kami berkesempatan untuk memberi makan burung-burung kecil disana, huhu… senangnyaaa 😀 ,

burung orens-orens lucu gituuuu 😀

setelah puas memberi makan si burung unyu ,akhirnya kami kembali untuk bertemu ibuk, nenek dan budhe yang masih setia menunggu kami di depan galery satwa, dan itu menandakan bahwa perjalanan harus kami akhiri sampai disini. saat kami keluar, kakak ku mengambil mobilnya agar memudahkan kami untuk menuju ke mobil (soalnya kita tadi parkirnya kejauhan) dan kakak memarkirnya di samping trotoar, and DAMN… kita masih ditarik uang parkir sejumlah Rp.15.000 padahal cuma beberapa menit ,dengan kesal kami melobby bapak parkir itu, akhirnya kami hanya ditarik Rp.5000 saja, tapi karena kasian kami memberinya Rp 10.000, dan setelah itu kami pulang,

yeyeyeeeeyyyyaaaa 😀 terimakasih untuk liburannya, terimakasih juga pak boss (my brotha )

krucil-krucil ku 😀

5 pemikiran pada “travelling di rumah sendiri : menelusuri kompleks makam sunan drajad sampai MAZOLA