Mencari pengalaman sosial di LIPONSOS keputih Surabaya

lip

pada 4 desember 2014 lalu, saya beserta teman-teman Psikologi G3 UIN Surabaya mengadakan kunjungan ke Liponsos Surabaya dalam rangka tugas Psikologi Abnormal.

perjalanan kami awali dari kampus kami di Jl.A.Yani surabaya menuju daerah keputih,kira-kira sekitar 30 menit untuk menuju ke Liponsos…saat di jalan menuju liponsos, bayangan saya tentang liponsos itu yah..kurang lebih seperti RSJ Menur-Surabaya, tapi bayangan itu buyar seketika saat kami sudah ada di Liponsos.

sedikit tentang Liponsos yah….,Liponsos adalah singkatan dari Lingkungan Pondok Sosial yang di dalamnya menampung, membina dan memberdayakan orang-orang kurang beruntung seperti, Gepeng, orang pennyakit Jiwa, PSK, Jompo dan lain sebagainya. Lokasinya di Surabaya ini ada di Jl. Keputih Tegal no 32

pertama kali kami menginjakkan kaki di Liponsos,kami disambut oleh senyuman-senyuman hanggat dari penghuni liponsos,tapi yah..entahlah,itu senyuman tulus dari mereka atau senyuman yang memang sengaja mereka ingin senyum-senyum ria. saat kami di Liponsos,kebetulan kami ada di saat moment sarapan pagi untuk warga Liponsos, maka dari itu petugas liponsos mempersilahkan kami untuk membantu memberikan makan untuk mereka para penghuni Liponsos, saat itu kami di bagi menjadi dua kelompok,yaitu kelompok laki-laki untuk ruangan laki-laki dan perempuan untuk ruangan perempuan,kenapa dibagi kelompok ?karena untuk memastikan tidak ada pemandangan yang tidak diingin kan saat melihat di ruangan yang akan kami tuju,

inilah menu sarapan mereka
inilah menu sarapan mereka

setelah terbentuk kelompok,kami menuju ruangan yang akan kami tuju, pemandangan yang membuat rasa simpatik kami hadir dengan seketika menyeruak bersama bau pesing yang menyesakkan hidung kami..saat itu kami menyaksikan ratusan orang-orang penderita Skizofrenia berkumpul menjadi satu dalam ruangan yang yang sebenarnya sanggat overload jika untuk menampung orang-orang sebanyak itu, dengan menyaksikan kejadin seperti itu, beberapa teman saya bahkan sampai menangis melihatnya, mereka berfikir “masihkan keluarga mereka mau mengurusi mereka ? apakah sampai seumur hidup mereka hanya akan berkutat di tempat yang tidak layak ini?

ruangan
isi dari ruangan yang khusus wanita

kegiatan kami bukan hanya untuk melihat dari luar saja,saat itu kami (kelompok laki-laki dan perempuan) berkesempatan untuk masuk ke dalam ruangan itu, saat kami masuk, bau pesing menyeka hidung kami kembali, saat itu bahkan di tempat itu pulalah bau pesing lebih bau dari di luar,kata ibu-ibu penjaganya sih…mereka buang air besar maupun kecil disitu,jadi bisa dibayangkan kan ?   belum sampai disitu,ada juga dari mereka yang bertelanjang dan tanpa memakai sehelai benang sekalipun, tapi kata teman saya, mereka yang seperti itu ditempatkan di satu bilik yang sama..emmm…..saat itu saya tidak berani masuk lebih dalam, saya takut perut saya mual-mual, hehe 🙂 ,selagi masih menunggu teman-teman saya yang masuk ke ruangan tersebut, saya dan beberapa teman saya yang lainnya bertanya-tanya tentang seluk-beluk liponsos serta suka duka mereka manjadi pekerja di liponsos,dan ternyata beliau-beliau ini sanggat pahlawan lho,

ibu-ibu
inilah pahlawan liponsos (abaikan yang berkerudung 😀 )

setelah mengunjunggi ruangan-ruangan tadi,kami melanjutkan langkah kami ke ruangan lain,nah…itu lah dimana kami akan mengobservasi beberapa penghuni liponsos (yang sekiranya masih bisa kami ajak observasi ) disitu banyak sekali cerita-cerita yang mengharukan sampai yang membuat kami dan penghuni Liponsos bergembira,

untuk kelompok saya sendiri, saya mendapatkan beberapa subyek yang terdiri dari gepeng,psk, dll ,saat itu kami mengobservasinya hanya dengan bertanya,yah..soalnya mereka kurang antusias dengan kami 😦 ,akhirnya karena sepertinya kami mulai lelah, saya memutuskan untuk foto-foto kelompok yang lain,tapi keisengan Shofi mulai nampak ketika melihat kelompok yang mendapatkan obyek yang super atraktif, hahaha 😀

kelompok
kelompok saya nih 😀

saat saya mau memfoto kelompok tersebut, saya inggin anggota kelompoknya serta subyek nya untuk joget di iringgi lagu “Sakitnya tuh disini-Cita citata” dan benar sekali, mereka sanggat antusias untuk melakukan tantangan saya, bahkan seluruh isi ruangan pun ikut berjoget termasuk kami, bahkan kami berjoget sampai dua lagu 😀 (bahagiaaaa)

joget
mbak-mbak Liponsos berjoget ria (abaikan yang berkerudung)

setelah ber capek-capek ria dengan berjoget,kami memutuskan untuk menyudahi saja observasinya,karena kami nggak shanggupppp (ya shanggupppiiinnn :p)

lip
ini semua keluarga G3 psikologi beserta observee kami

kemudian kami menuju ruang keterampilan,disini kami bertemu dengan penghuni liponsos yang telah dilatih untuk mandiri,saat itu mereka sedang membuat kerajinan tanggan yaitu welcome (keset ) dari kain perca, kata bapak yang membina sih..ini hasil dari penjualan juga akan dikembalikan untuk mereka,kadang-kadang mereka diajak jalan-jalan seperti ke KBS atau yang lainnya, selain membuat keset, banyak lagi yang bisa mereka buat seperti bros, tas,dompet dan lain sebagainya

mas
ini mas-nya lagi buat kerajinan

yuhu……setelah di ruangan tadi,observasi sambil berjoget sampai kita ke ruangan kerajian sampai jam 12 siang..inilah waktunya untuk kami makan-makan, sebelumnya kami berkunjung dulu ke rumah salah satu teman kita yaitu mas Abdi untuk membahas tempat kita untuk sarapan sekaligus makan siang (karena banyak dari kami yang belum sarapan sejak pagi 😦 ) dan…akhirnya kita deal di warung soto cak har, karena kata Abdi harganya mungkin cuma 15.000 sama minumnya…ehlhadalah……mata kita melotot saat kita mendapatkan bill nya,setengah juta lebih brooo (sabarlah anak koss ) tapi class time lebih penting deh dari pada duit time kalau dalam keadaan seperti itu 😀

cak har
waktunya nyoto,siapkan plastik untuk menyimpan koya ,heuheuheu 😀

setelah makan-makan besar kami sudahi akhir cerita bersama kami, tapi saya dan beberapa teman saya mampir dulu ke rumah Abdi (nodong uang,soalnya sotonya mahal,hehehe ) soalnya supir-supir ojek nya sedang merasa mulai lelah,akhirnya kami istirahat dulu sebelum pulang,tapi selagi kita istirahat, kita juga diberi wejangan-wejangan gratis khas motivator dari Abdi, heuheuheu 🙂

terimakasih untuk hari itu,terimakasih untuk bulan desember ini,terimakasih Liponsos,terimakasih dosen serta anak-anak G3 dan terimakasih semuanya

ini adalah pengalaman berharga kami

bonus foto di Liponsos yang udah aku edit

bw

Iklan

2 pemikiran pada “Mencari pengalaman sosial di LIPONSOS keputih Surabaya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s